July 26, 2012

All About Eve (1950)


All About Eve (1950)






All About Eve [1950]
Director: Joseph L. Mankiewicz
Genre: Drama
Runtime : 138 minutes 
Country : USA

Starring: 
Bette Davis
 Anne Baxter 
George Sanders

Watched : 18 July 2012





"Everybody has a heart, except some people." --Margo Channing. 


All About Eve menceritakan tentang seorang aktris Broadway yang populer, Margo Channing (Bette Davis) yang merasa takut kepopulerannya akan berkurang karena faktor usianya yang tidak  muda lagi. Suatu malam sehabis penampilannya, teman baiknya, Karen Richards (Celeste Holm), memperkenalkan seorang fans Margo padanya di backstage. Fans yang akhirnya diketahui bernama Eve Harrington (Anne Baxter) tersebut merupakan fans berat Margo dan selalu menghadiri setiap performance Margo dimanapun. Singkat cerita, Eve menjadi asisten pribadi Margo. Tapi Margo akhirnya menyadari bahwa Eve mempunyai alasan lain mengapa dia ingin sekali menjadi asisten pribadinya.




 


Dengan durasi yang panjang, All About Eve terasa sedikit membosankan di awal hingga pertengahan cerita, terutama karena banyaknya dialog-dialog yang panjang - kendati yang ditampilkan adalah dialog yang cerdas -  khas film drama. Untungnya, akting para pemainnya jempolan terutama Bette Davis yang memerankan Margo Channing. Karakternya yang sombong membuat kita akan sedikit membencinya di awal, namun akhirnya akan berubah menjadi simpati ketika tahu bahwa itu semua memang merupakan resiko menjadi seorang aktris terkenal dimana dia merasakan kecemasan ketika karirnya menurun oleh faktor usia yang tidak muda lagi. Terlebih ketika melihat Eve yang cantik, muda, dan berbakat bisa menjadi pesaingnya di kemudian hari semakin membuat Margo menjadi sosok yang menjengkelkan bagi semua orang. 






Didukung skrip yang bagus dan pemilihan pemain yang bagus, All About Eve memang menjadi tontonan yang menarik dan layak ditonton. Sebuah film klasik yang terlihat begitu mempesona di jamannya. Gesture dan cara bicara Davis yang berperan sebagai Margo bahkan begitu terlihat real dan menimbulkan kesan mendalam untuk mengenang sosok seorang Margo Channing. Aktor dan aktris lainnya pun bermain dengan bagus memerankan karakter mereka seperti Gary Merrill yang berperan sebagai pacar Margo - Bill Sampson; Hugh Marlowe yang berperan sebagai Lloyd Richards, suami Karen; George Sanders (Addison DeWitt); Thelma Ritter (Birdie) atau Barbara Bates yang hanya tampil sebentar di akhir sebagai Phoebe yang mendapat porsi kecil namun cukup signifikan. Tak ketinggalan ada juga Marilyn Monroe yang menjadi Miss Casswell. All About Eve jelaslah film bertabur bintang dengan kualitas akting pemain yang bagus.

 
 

 


 



 Bagi penggemar film klasik, All About Eve sayang untuk dilewatkan, terutama karena akan ada twist manis di ending cerita, walaupun harus cukup bersabar untuk menontonnya di menit-menit awal.


"Bill's thirty-two. He looks thirty-two. He looked it five years ago. 
He'll look it twenty years from now. I hate men." --Margo Channing. 
 










No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png