September 29, 2012

Psycho (1960)


Psycho (1960) 


Psycho (1960)

Horror | Mystery | Thriller
Based on Psycho by Robert Bloch
Director : Alfred Hitchcock
Release date(s) : June 16, 1960
Running time : 109 minutes
Country : United States
Language : English

Starring :
 Anthony Perkins
Vera Miles
John Gavin
Martin Balsam
John McIntire
Janet Leigh




Psycho bercerita tentang seorang perempuan bernama Marion Crane (Janet Leigh) yang melarikan uang titipan bosnya sebesar 40 juta dollar. Dalam pelariannya, Marion singgah di sebuah motel kecil yang bernama The Bates Motel. Motel ini dikelola seorang pria yang bernama Norman Bates (Anthony Perkins). Norman tinggal berdua dengan ibunya yang penyakitan.



Sang pemilik uang yang uangnya dilarikan oleh Marion menyadari uangnya tidak disetorkan ke bank. Maka, dia menyewa seorang detektif swasta bernama Milton Arbogast (Martin Balsam) untuk mencari Marion. Bahkan kakak Marion yang bernama Lila Crane (Vera Miles) dan pacar Marion, Sam Loomis (John Gavin) juga ikut melakukan pencarian.


 

Ketika menonton filmnya, saya merasa dejavu dengan beberapa adegan di pertengahan film dan ternyata saya pernah menonton film yang sama yaitu remakenya buatan tahun 1998. Remakenya sama sekali tidak menampilkan sesuatu yang berbeda dari versi aslinya, malah jauh lebih bagus yang asli. Apalagi dengan tampilan layar hitam putih, menambah tensi ketegangan pada film ini. Jelas, sang maestro, Hitchcok, mampu menghadirkan jalan cerita yang tak terduga, penuh teka-teki yang menegangkan, penuh kejutan yang cerdas, dan twisty dengan ketegangan dan nuansa misteri yang sangat kuat. Sinematografi yang ditampilkan sangat bagus. Bayangkan, film ini buatan tahun 1960. Belum lagi akting para pemainnya benar-benar mantap.



Adegan di kamar mandi tentulah menjadi salah satu adegan paling memorable dalam Psycho. Bahkan menjadi one of the most memorable scene in the movie.


 









No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png