February 09, 2012

Grave of the Fireflies (1988)


Grave of the Fireflies (1988)Hotaru no haka







“September 21, 1945. That was the night I died.”


Seorang anak laki-laki berumur 14 tahun bernama Seita (Tsutomu Tatsumi) harus menjaga adik perempuannya yang bernama Setsuko (Ayano Shiraishi) yang berumur 5 tahun, semenjak ibu mereka meninggal dalam perang dunia kedua dan ayah mereka yang sedang berperang tak kunjung pulang. Rumah mereka sudah hancur karena bom. Awalnya mereka tinggal dengan bibi mereka namun akhirnya mereka memilih pergi dan tinggal di bekas tempat penampungan. Di sana, Seita dan Setsuko harus bertahan hidup dalam keadaan pelik di masa perang.



 

Disutradarai oleh Isao Takahata, Grave of the Fireflies diadaptasi dari novel karangan Akiyuki Nosaka tahun 1967 yang kehilangan saudarinya ketika perang karena kekurangan gizi. Film yang sarat akan makna dan pelajaran ini mampu menggugah para penonton terutama ketika menyaksikan Seita dan Setsuko yang harus bertahan hidup selama perang. Artwork yang sangat bagus - bahkan seperti bukan diciptakan pada tahun 1988 - menambah nilai plus film ini. Seiyuu (voice actor/actress) bahkan dipilih yang berusia hampir sama dengan tokoh Seita dan Setsuko dan berdialek Kansai karena film ini bersetting di Kobe. Dan ada bonus cameo sang sutradara sendiri di film ini. Recommended movie!





IMDb









No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png