October 07, 2012

No Country for Old Men (2007)



No Country for Old Men (2007)





No Country for Old Men Poster 

No Country for Old Men (2007)
Crime | Thriller

Directed by Joel Coen & Ethan Coen
Release date(s) : November 9, 2007
Running Time : 122 minutes
Country : United States
Language : English

Starring :

Watched : 01 October 2012



Apa anda tahu apa yang ada di benak saya ketika melihat opening dari film ini?
"Aduh, film koboi, nih, malas banget!" Baru beberapa menit, pause, lanjut bentar trus stop.
Ya, saya tunda nontonnya sampai dapat mood yang bagus. #abaikan
Iya, saya nggak begitu suka dengan film-film bertema koboi dan sejenisnya. Tapi karena ratingnya tinggi di imdb, makanya saya penasaran untuk menontonnya.








Besoknya, saya mencoba bertahan untuk menontonnya. Oke, untuk scene awal, abaikan dulu. Hore, saya berhasil bertahan untuk beberapa menit sampai ketika scene dimana ada penjahat yang membunuh sang polisi, saya jadi bertahan untuk menontonnya. Lupakan soal setting jaman koboi dan sejenisnya. Hmm.. sebenarnya No Country for Old Men bukanlah film tentang koboi. Film ini mengambil setting di Texas pada tahun 1980-an. Lanjut!!




Lalu ada Llewelyn Moss (Josh Brolin), seorang veteran Vietnam yang sedang berburu rusa, menemukan sekoper uang dari para drug runners yang terbunuh. Bukannya melaporkan temuannya tersebut pada Sheriff lokal, Llewelyn malah menyimpan uang tersebut untuk dirinya sendiri. Bahkan istrinya sendiri, Carla Jean Moss (Kelly Macdonald), tidak diberitahu perihal uang tersebut dan dia menyuruh sang istri pulang ke rumah orang tuanya. Akhirnya Llewelyn pun diburu oleh pembunuh psikopat, Anton Chigurh (Javier Bardem) gara-gara uang tersebut. Di sisi lain, Sheriff lokal di daerah tersebut, Ed Tom Bell (Tommy Lee Jones) menyelidiki beberapa kasus pembunuhan aneh yang terjadi di daerahnya. Apalagi sejak tahu bahwa Llewelyn menghilang, Ed Tom jadi semakin curiga dengan apa yang terjadi sebenarnya.



Jujur saja, yang bikin saya betah nonton film ini adalah karena karakter Chigurh dengan gaya rambutnya yang "nggak banget itu" plus gayanya yang santai tapi bisa membunuh siapa saja tanpa ampun. Dua jempol untuk Javier Bardem! Karismatiknya Tommy Lee Jones seakan bisa dikalahkan dengan penampilan sang psikopat. Tak lupa Brolin pun bermain bagus sebagai Llewelyn. Bahkan pemain pendukung seperti Kelly Macdonald pun tak bisa dipandang sebelah mata. Dengan karakter yang awalnya terlihat begitu naif, di akhir malah terlihat sangat "wise dan powerful".

 


Adegan kekerasan dan baku tembak jelas banyak ditampilkan dalam film ini. Terutama ketika Chigurh membuntuti Llewelyn sampai di hotel terakhir dan Llewelyn menunggu kedatangan Chigurh di kamar, untuk beberapa detik yang tenang dan diam itu terlihat keren. Hanya dengan mendengar langkah kaki sang psikopat yang mendekati kamar, rasa deg-degan seolah menghampiri saya yang menontonnya (lebay!). 



 


Kendati banyak kekerasan di film ini, namun banyak juga pesan tersirat di dalamnya, terutama tentang rasa tanggung jawab. Seperti apa yang dialami oleh karakter Sheriff Ed Tom yang jujur dan bijaksana - namun merasa gagal untuk melindungi warganya - membuatnya merasa bersalah dan bertanggung jawab atas apa yang terjadi, kendati hal tersebut mungkin saja bukan salahnya semata.
 



 

IMDb 





No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png