October 08, 2012

Polisse (2011)

Polisse (2011)





Polisse (2011)
 Crime | Drama 

Directeor : Maïwenn
Release date(s) : 13 May 2011 (Cannes Film Festival), 
19 October 2011 (France)
Running time : 127 minutes
Country : France
Language:  French

Starring :

 watched : 2 October 2012



Film ini sebenarnya udah lama nganggur di PC saya, tapi saya skip terus untuk menontonnya. Pertama, karena ketidaksinkronan antara suara dan gerakan. Kedua subtitlenya tidak pas. Dan akhirnya setelah tidak ada lagi stok film yang mau ditonton, mau tidak mau saya menonton Polisse ini juga, dengan catatan kondisi film ini sudah bagus  (ketidaksinkronan disebabkan oleh PC saya sendiri) dan sudah dapat subtitle yang pas. 




 

Polisse dibuka dengan adegan interview antara seorang anak perempuan kecil dengan seorang wanita yang ternyata seorang polisi. Wanita tersebut menanyakan bagaimana cara ayah sang anak tersebut mencabulinya. Ya, ini adalah kisah tentang para polisi yang tergabung dalam CPU (Child Protection Unit) di Paris. Para polisi tersebut menangani masalah-masalah yang terjadi pada anak-anak dan remaja, seperti kekerasan (baik fisik, mental maupun seksual), penganiayaan, pemerkosaan, kejahatan, dan sebagainya.


 


Lalu cerita berkembang cepat, dimana terlihat para polisi tersebut menangani berbagai macam kasus yang terjadi pada anak-anak dan remaja. Kita akan bergidik sendiri melihat apa yang ditampilkan dalam film ini. So real! Bahkan saya sendiri sampai tergugu ketika seorang anak yang terlihat begitu polosnya, bisa mengatakan "cinta" pada seorang lelaki pedofil yang mencabulinya. Oh!!



 


Dengan menampilkan banyak casts, masing-masing karakter mendapatkan porsi yang cukup  imbang. Bahkan beberapa pemain mampu menampilkan akting yang bagus. Seperti akting Naidra Ayadi yang berperan sebagai Nora, cukup mencuri perhatian saya selama beberapa menit. Sang sutradara sendiri, Maïwenn, juga bermain dalam film ini walau hanya dalam porsi kecil. 



 


Sayangnya, beberapa konflik yang terjadi pada beberapa pemain utamanya terlihat tidak disajikan dengan serius. Atau entah karena konflik yang disajikan terlalu banyak dan melebar, membuat beberapa adegan yang ada seperti "pemanis" aja, ibarat mencomot beberapa adegan yang ada lalu digabungkan menjadi satu.


 



Polisse, jelas menampilkan kompleksitas emosional dan psikologis yang kuat. Selain menampilkan kisah-kisah Kids Abuse, Polisse juga menampilkan kehidupan para polisi di dalamnya, baik dalam pekerjaan mereka maupun dalam kehidupan sehari-hari mereka. Apakah mereka dapat menyeimbangkan kehidupan pribadi mereka dan kenyataan yang mereka hadapi setiap harinya di tempat kerja?
 

 


Polisse menampilkan banyak adegan-adegan yang mungkin akan membuat kita "melek" seketika, bahwa seperti inilah kenyataan sebenarnya yang memang terjadi di jaman sekarang ini. Dan pastinya jauhkan film ini dari jangkauan anak-anak atau remaja yang masih labil. Dengan ending yang sempat membuat saya ternganga beberapa detik untuk mencerna apa yang terjadi, seketika membuat saya menyesal kenapa baru sekarang menonton film ini.


  







No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png