July 31, 2013

Colour it Saffron | Rang De Basanti (2006)


Rang De Basanti (2006)






Rang De Basanti (2006)
Colour it Saffron/Paint it Yellow
Drama | History  
Music: A. R. Rahman
Release date(s): 26 January 2006
Running time: 157 minutes
Country: India
Language: Hindi, English, Punjabi

Starring:




Seorang wanita Inggris bernama Sue McKinley (Alice Patten) pergi ke India untuk membuat film dokumenter mengenai revolusi India berdasarkan buku harian milik sang kakek. Dengan bantuan sahabatnya Sonia (Soha Ali Khan), Sue akhirnya menemukan lima pemuda yang akan menjadi lima tokoh pejuang revolusi India untuk kemerdekaan India.

 
Apakah saya bisa menyelesaikan menonton film yang berdurasi 2 jam lebih ini dalam sekali tonton? Itulah pertanyaan yang hadir di benak saya tatkala tahu bahwa durasi film ini benar-benar khas ala film Bolly. Belum lagi ada nyanyian dan tarian yang jelas membuat semakin ragu untuk menamatkannya dalam sekali tonton. Tapi ternyata film yang dibuka dengan cerita serius di awal, lalu menyelipkan banyak humor setelahnya dan mendadak serius lagi di akhirnya, membuat saya malah betah menikmati film ini. Plus lagunya yang cukup asik didengar jadi nilai tambah.


Menilik judulnya, film ini sebenarnya adalah film serius dengan cerita yang juga serius sebenarnya. Tapi untungnya dengan diselipi humor santai di dalamnya, membuat film serius ini menjadi lebih gampang dicerna penonton. Rang de Basanti yang diterjemahkan dalam bahasa Inggris menjadi Paint it Yellow ini menggambarkan bahwa di India sendiri, warna kuning melambangkan pengorbanan. Ketika seseorang berkata, "Main rang de basanti", berarti orang tersebut harus siap dikorbankan untuk tujuan yang besar. Nuansa kuning juga sangat mendominasi dalam film ini.


 

Penampilan Aamir Khan sebagai sosok seorang Daljeet 'DJ'/Chandrashekhar Azad bisa dikatakan cukup bagus mengingat usianya yang hampir 40 tahun ketika dia memainkan karakter DJ yang berumur 25 tahunan. Para pemain lain yang menjadi karakter keempat sahabat DJ juga tidak mengecewakan aktingnya. Justru Alice Patten yang berperan sebagai Sue, terlihat biasa diantara pemain lainnya.

 

Kejadian yang dipaparkan dalam Rang de Basanti, merupakan cerminan atau tepatnya sindiran atas apa yang sebenarnya terjadi di India sendiri, terutama politiknya yang jauh dari kata bersih alias korupsi layaknya yang terjadi di negara kita.
 
  
 
 
  














No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png