March 24, 2013

Masquerade (2012)



Masquerade (2012)






Masquerade / Man Became A King (2012)
Gwanghae, Wangyidoen namja
Drama | History 

Director: Choo Chang-Min
Release Date: September 13, 2012
Running Time: 131 min.
Language: Korean
Country: South Korea

Cast:
Lee Byung-Hun
Han Hyo-Joo
Ryoo Seung-Ryong
Kim Myung-Gon
Kim In-Kwon 
Jang Gwang




Alkisah, di masa pemerintahan raja Gwanghae (Lee Byung-Hun) yang telah memerintah kerajaan selama lebih dari 8 tahun, dicurigai adanya seseorang dalam kerajaan yang berniat menyingkirkan sang raja dengan memberikan racun. Raja Gwanghae lalu memerintahkan penasihat kerajaan Heo Gyun (Ryoo Seung-Ryong) untuk menemukan seseorang yang memiliki wajah yang mirip dengan sang raja untuk menggantikannya sementara waktu.

 

Akhirnya ditemukan seorang komedian bernama Ha-Sun (Lee Byung-Hun). Ha-Sun bahkan bisa meniru semua tingkah laku raja dengan sangat sempurna. Ketika sang raja akhirnya terkena racun dan sakitnya semakin parah, Ha-Sun pun harus menggantikan posisi raja sementara waktu hingga raja sembuh.

 

Apa yang menarik dalam film berdurasi 131 menit ini sehingga mendapatkan banyak penghargaan di berbagai ajang festival film? Hmm... pertanyaan itulah yang membuat saya penasaran ingin menonton film ini. Padahal kalo ditilik dari durasinya yang super lama itu, kemungkinan saya akan bosan menontonnya.  Seperti kebanyakan film atau drama Korea yang bersetting kerajaan masa lalu, Masquerade pun tak lepas dari sejarah yang terjadi pada masa dinasti Joseon di masa pemerintahan raja Gwanghae. Dalam rentang waktu dua jam lebih - yang bagi saya pribadi terasa sangat lama - penonton akan disuguhkan berbagai peristiwa yang penuh dengan intrik kerajaan. Saya yang awalnya mengira akan bosan menontonnya, malah merasakan sebaliknya. Mungkin karena alur ceritanya cepat dan tidak bertele-tele. Hanya sedikit mengendur di bagian ketika akan memasuki klimaks, tapi kemudian alurnya kembali normal dan diakhiri dengan ending yang bagus.


Lee lagi-lagi membuktikan kemampuan aktingnya yang hebat dengan berperan ganda sebagai raja Gwanghae dan Ha-Sun dengan personaliti yang berbeda. Aktor yang bermain bagus dalam I Saw the Devil, The Good The Bad and The Weird, Joint Security Area  dan yang terakhir saya tonton A Bittersweet Life (2005) menunjukkan bahwa aktingnya semakin matang dan memang Lee pantas mendapat predikat great actor. Lewat perannya sebagai raja Gwanghae dan Ha-Sun, Lee juga mendapat penghargaan sebagai best actor.


Para pemain pendukung pun memerankan karakter mereka dengan bagus. Yang menarik perhatian saya adalah karakter Do sang pengawal raja yang dimainkan oleh Kim In-Kwon dan pencicip makanan raja, Sa-wol yang diperankan oleh Shim Eun-Kyung yang aktingnya bisa dilihat lewat Sunny. 

 
  


Banyak hal yang bisa kita petik dalam film ini, terutama tentang sisi humanisme dalam tiap diri insan manusia. Bagaimana suatu lingkungan bisa sangat berpengaruh dan merubah seseorang, bisa menjadi lebih baik atau malah sebaliknya.












No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png