December 18, 2012

Black Swan (2010)


Black Swan (2010)








Black Swan (2010) 
Drama | Mystery | Thriller 

Directed by Darren Aronofsky
Release date(s):  September 1, 2010 (Venice); 
December 3, 2010 (United States) 
Running time: 108 minutes 
Country: United States 
Language: English 

Starring: 


watched : 12 Dec 2012




Nina Sayers (Natalie Portman) adalah seorang balerina berbakat yang perawakannya kaku. Dia tinggal bersama ibunya, seorang mantan balerina, Erica (Barbara Hershey) yang protektif dan mengontrol hidupnya. Nina  selalu berusaha menari dengan sempurna. Dia sangat mengagumi seorang balerina senior bernama Beth MacIntyre (Winona Ryder) yang baru saja pensiun. Nina selalu ingin menjadi seperti Beth. 

  

Ketika Thomas Leroy (Vincent Cassel), sang pelatih, mengadakan audisi untuk pemeran Swan Lake dalam pertunjukan "The Swan Lake" karya Tchaikovsky, Nina menjadi salah satu kandidat pilihannya, disamping seorang balerina baru yang cukup menonjol, Lily (Mila Kunis). 


Pertunjukan "The Swan Lake" mengisahkan tentang putri yang dikutuk menjadi angsa putih (White Swan). Setelah ia mati karena bunuh diri, kembarannya yang memiliki sifat bertolak-belakang muncul yaitu angsa hitam (Black Swan). Swan Lake membutuhkan seorang penari yang dapat memainkan peran White Swan dengan kepolosan dan keanggunan, sedangkan Black Swan, haruslah licik dan penuh sensualitas. Nina cocok dengan peran White Swan, sedangkan Lily adalah perwujudan dari Black Swan. Tapi akhirnya Thomas malah menantang Nina untuk berperan ganda sebagai White Swan dan Black Swan.



Suram. Kata itu sangat tepat untuk film ini. Dimana kesuraman itu sendiri tercipta dari sang tokoh utama, Nina Sayers. Kesuraman itu akan terlihat ketika Nina harus bisa memainkan dua karakter berbeda sekaligus dimana dia dituntut untuk mengeksplorasi sisi gelapnya dalam memerankan karakter Black Swan. Nina yang sebenarnya rapuh, mulai kehilangan kendali dan sering mengalami halusinasi yang menakutkan. Kita, sebagai penonton, seperti turut merasakan langsung apa yang dialami oleh Nina.  


Penampilan Natalie Portman jelas tidak usah diragukan lagi. Transformasi dari seorang White Swan menjadi Black Swan sungguh luar biasa. Benar-benar total! Yang mengejutkan akting Mila Kunis sangat bagus di sini dan mampu menandingi akting Natalie.  



Bukan hanya soal akting yang bagus, Nat dan Mila pun mampu menari balet dengan bagus. Demi film ini, mereka bahkan rela berlatih keras hingga berbulan-bulan. Hasilnya, penampilan memukau Nina Sayers di atas pentas ketika memerankan The Swan Lake dengan penuh artistik. 



Jelas, ini bukan film yang ringan! It's dark and full emotional! Bagaimana film ini benar-benar menghantui sisi psikologis kita. Saya pribadi sudah sering menonton film-film dengan karakter seperti Nina, tapi entah kenapa psikologis saya cukup terganggu juga ketika menonton film ini. Dalam artian, karakter Nina membius saya dan membuat saya merasa ketakutan. Bahkan sampai film berakhir, rasa ketakutan itu masih membekas di benak saya. Emosi saya juga turun naik dibuatnya seperti sedang naik roller coaster. Bravo!!





IMDb 










2 comments:

Unknown said...

Perfect banget emang filmnya, ditambah reviewnya yang menggugah penyuka thriler untuk segera menonton.
thanks ya tambahan reviewnya disini ; http://forum.indowebster.com/showthread.php?t=474433&p=28753538&viewfull=1#post28753538

Radira said...

Nggak nyangka bisa menang #terharu

Banyak belajar cara mereview berkat trit tersebut..

sankyu ;)

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png