August 14, 2013

Léon: The Professional (1994)


Léon: The Professional (1994)




Léon: The Professional (1994)
Léon/
The Professional
Crime | Drama | Thriller
Director: Luc Besson
Music: Éric Serra
Release date(s): 14 September 1994 (France)
Running time: 110 minutes
Country: France
Language: English



Mathilda: "Is life always this hard, or is it just when you're a kid?" 
Leon: "Always like this".



Leon (Jean Reno), seorang pembunuh bayaran professional (hitman) yang suka memakai kaca mata hitam ini tidak pernah gagal menjalankan tugasnya. Dalam menjalankan tugasnya, Leon mempunyai aturan sendiri, yaitu tidak membunuh wanita dan anak-anak. Suatu hari dia menyelamatkan hidup seorang gadis cilik bernama Mathilda (Natalie Portman) yang keluarganya dibantai oleh seorang polisi korup pimpinan Stansfield (Gary Oldman). Perlahan, Mathilda memasuki hidup Leon dan merubah segalanya. Malah, Mathilda juga ingin menjadi pembunuh bayaran professional seperti Leon. 

  

Interesting! Kata itu mungkin tepat menggambarkan film besutan Luc Besson ini. Plot ceritanya terbilang unik, menyangkut sisi emosional seorang hitman. Besson secara gamblangnya menunjukkan sisi lain dari seorang hitman yang profesional dan tidak pernah mengecewakan para kliennya. Leon yang terlihat kejam dan tak segan-segan menghabisi nyawa orang, ternyata memiliki pribadi yang kaku dan tertutup. Saking kakunya, selama hidupnya dia belum pernah tidur berbaring tapi selalu dalam kondisi duduk di kursi dengan sebuah pistol disampingnya. Namun Leon juga bersahaja. Hobinya adalah minum susu dan satu-satunya "sahabatnya" adalah tanaman dalam pot miliknya. Selain itu, Besson juga menunjukkan karakter hasil dari kurangnya rasa kasih sayang seorang anak dari keluarganya pada karakter Mathilda. Dan tak ketinggalan jiwa monster yang malah ada pada seseorang yang harusnya menjadi penegak hukum, Stansfield.


Tapi yang jauh lebih menarik adalah hubungan yang terjadi antara Leon dan Mathilda. Sekilas memang seperti kisah pedophilia. Tapi Besson dengan pintarnya berhasil memanipulasi hal tersebut dan membuat adegan-adegan yang kurang pantas dilakukan anak kecil terlihat tetap keren. Kekuatan terbesar film ini memang terletak pada karakter Mathilda. Bahkan Leon yang seorang hitman ini, harus kerepotan menghadapi si kecil Mathilda. Penampilan Jean Reno sebagai Leon memang keren. Reno mampu menjadi sosok pembunuh bayaran dingin sekaligus seorang yang hangat dan bersahaja. Gary Oldman pun tak kalah kerennya berperan sebagai Stansfield. Sosoknya benar-benar bagaikan monster bermuka dua. Kadang terbersit pertanyaan, siapa sebenarnya penjahat yang sebenarnya?

 

Dan tentunya penampilan Natalie Portman patut diacungin dua jempol. Di usianya yang masih sangat belia kala itu, dia bisa berakting dengan sangat baik sebagai Mathilda. Karakternyalah yang paling mencuri perhatian.
 

Kombinasi antara action dan dramanya seimbang sehingga membuat penonton enjoyable menontonnya. Banyak memorable scene dalam film ini. Dan mungkin sebagian penonton akan menyukai beberapa karakter dalam film ini. Jelas, Leon: The Professional merupakan tontonan yang menarik serta menghibur sekaligus berseni dan berkelas.

  
 
 










4 comments:

Anonymous said...

Dulu udah ada nih film di HDD tp kmrn smpt rusak dan ilang.. :hammer

abis baca reviewnya, kudu download torrent lagi ini mah..

nice review sist.. :kiss

-WW-

Ladila said...

Akhirnya komen juga (walaupun anonim) :D
ayoo.. segera ditonton, biar nggak nyesal liat Natalie Portman waktu masih remaja.

Sankyu udah komen #kiss

anonymouse said...

inget waktu pertama kali nonton ini di rcti malem-malem jam 11an, sambil nungguin bola pas malem minggu sambil gigitaran dan ngopi (kopi) dan ngopi (bokep) di kamarnya si bassist..

sejak itu beberapa dari kami harus rutin berkunjung ke klinik karena gejala lolita complex yg semakin nyata..

bahaya nyir pemeran-pemeran pre teen yg macem ini teh, jail bait pisan mereka..

Radira said...

Astaganaga!! *speechlessagain

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png