July 15, 2014

Eden Lake (2008)


Eden Lake (2008)







Jenny (Keily Reilly) diajak kekasihnya, Steve (Michael Fassbender) berlibur ke sebuah tempat yang sangat romantis yaitu sebuah danau kecil di tengah-tengah hutan yang bernama Eden Lake. Mereka berdua sangat menikmati kegiatan mereka di tempat tersebut. Namun tiba-tiba muncul pengganggu yaitu sekelompok remaja berandalan annoying yang mengaku sebagai penguasa tempat tersebut. 

Film ini merupakan rekomendasi teman saya ketika saya meminta film yang pace-nya cepat dengan durasi tidak terlalu lama. Waktu saya meminta rekomen filmnya, saya baru saja selesai menonton Ils (Them) dan saya pun meminta rekomen film yang sejenis dengan Ils. Akhirnya Eden Lake pun saya banding-bandingkan dengan Ils. Tema yang sama dan setting lokasi yang sama, hutan. Bedanya, Ils tidak sepenuhnya bersetting di hutan, tapi juga di rumah karakter utama, sedangkan Eden Lake, hampir 80 persen settingnya di hutan yang tentu saja menimbulkan sensasi mencekam. Tak ada yang terlalu istimewa dari film ini dibanding film-film sejenis lainnya, dimana kedua karakter utama mendapat gangguan dan harus bisa survive dari kejaran para psikopat yang kali ini justru adalah sekelompok remaja berandalan yang marah. Walaupun Eden Lake tidak memiliki plot orisinal dan masih memakai formula yang sama dengan film sejenis, tapi ceritanya fresh dan non-predictable. Cara kedua karakter utama di film ini survive menghadapi lawan mereka menjadi sajian yang cukup menarik dan menghibur terutama untuk penggemar film thriller dan horor. Horor yang dimaksud di sini bukan horor seperti melihat penampakan hantu atau setan, melainkan horor psikologis yang tentunya jauh lebih horor dari kehororan hantu atau setan sekalipun. Film ini membawa kita kedalam ketakutan yang luar biasa, ketakutan yang bahkan mungkin kita pikir tidak akan pernah terjadi. Dibalut dengan level suspense tingkat tinggi dan sedikit gore yang mungkin akan membuat meringis, serta adegan kejar-kejaran ala cat-and-mouse, menjadikan film ini semakin menegangkan dan menarik untuk ditonton. Tak ayal lagi, Eden Lake sukses membuat saya ingin teriak sekuatnya karena atmosfir tegang yang diciptakannya dan sukses juga membuat saya kesal setengah mati dengan geng villain remaja annoying tersebut. Rasanya ingin sekali saya teriak pada karakter Steve dan Jenny agar segera menghabisi para villain tersebut. Ya, jika saja awalnya Steve tidak terhasut omongan sesat dari Brett (Jack O'Connell), gang leader para remaja tersebut dan mengabaikan mereka, tentu teror dan musibah mengerikan yang melanda pasangan Steve dan Jenny tak akan pernah terjadi.

Walau mungkin film ini tak terlalu istimewa, namun Eden Lake memiliki premis yang cukup menarik, yaitu tentang kenakalan remaja, khususnya yang terjadi di UK. Kenakalan yang mungkin saja terjadi akibat dari keluarga yang tidak harmonis, broken home, kurangnya perhatian orang tua, atau sikap apatis dan ketidakpedulian orang tua pada anaknya. Hal tersebutlah yang mendorong terciptanya geng-geng remaja nakal yang super annoying seperti dalam film ini. Dan penggunaan narkoba menjadi salah satu faktor pemicunya juga. Saya rasa kenakalan remaja seperti itu tidak hanya mewabah di UK sana, tapi di sini pun sudah merebak, contohnya geng motor yang sangat meresahkan belakangan ini.

Balik ke soal film, Eden Lake tentu tak akan menarik jika tidak dibarengi dengan akting memukau pemainnya. Akting Kelly Reilly benar-benar superb. Terlihat dia bermain dengan sangat totalitas memainkan karakter Jenny. Kita akan merasa kasian dengan Jenny dan berharap dia bisa tetap survive hingga akhir film sembari menghabisi musuhnya. Kelly membuat kita merasakan seperti sedang berada di dalam film tersebut, berjuang untuk survive dari kejaran geng remaja tersebut. Namun, bukan cuma Kelly yang bermain bagus, Jack O'Connell bahkan sukses mencuri perhatian saya. Sepanjang film, karakter Brett yang dimainkannya membuat saya benci setengah mati melihatnya. Padahal biasanya saya tidak masalah dengan karakter-karakter villain lainnya di dalam film tapi entah kenapa saya sangat tidak menyukai karakter Brett ini.

Yeah, akhirnya saya cuma bisa bilang kalo Eden Lake sukses bikin kesal dan shock sepanjang film berlangsung. This is a depressing, disturbing, dark, bloody movie and making angry all the time! Dan endingnya.. oh.. endingnya bakal menjadi salah satu ending yang mungkin takkan terlupakan. Film yang masih menyisakan perasaan marah, kesal sekaligus sedih bahkan setelah film berakhir. 







Title: Eden Lake | Genre: Horror, Thriller | Director: James Watkins | Music: David Julyan | Release dates: 15 May 2008 (Cannes), 12 September 2008 | Running time: 91 minutes | Country: United Kingdom, Cayman Islands | Language: English | Starring: Kelly ReillyMichael FassbenderJack O'ConnellFinn Atkins | IMDb | Rotten Tomatoes











No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png