July 06, 2014

Them | Ils (2006)


Them (2006)






Film ini dibuka dengan adegan seorang wanita dengan putrinya sedang mengendarai mobil di jalanan yang sepi pada malam hari. Terlihat mereka sedikit cekcok hingga tanpa sadar sang ibu menabrakkan mobilnya ke pohon. Ketika sang ibu mengecek mesin mobilnya, putrinya khawatir karena ibunya tidak kelihatan sama sekali. Sang ibu pun menghilang. Dengan perasaan ketakutan, sang putri kembali ke mobil. Tiba-tiba dia dikejutkan oleh suara berisik dan seketika jendela mobilnya dilempari lumpur. Dengan panik dia menelepon polisi namun lehernya malah dicekik dari belakang hingga dia tewas. Lalu cerita pun berputar kepada Clémentine (Olivia Bonamy), seorang guru di sebuah Sekolah Perancis di Bucharest, Romania. Clémentine tinggal bersama suaminya yang seorang penulis, Lucas (Michael Cohen), di sebuah tempat yang jauh dari kota, tak jauh dari tempat kejadian pembunuhan ibu dan anak malam sebelumnya. Mereka hidup tenang di rumah besar mereka tersebut. Namun suatu malam, mereka dikejutkan oleh suara aneh yang berisik. Ternyata mereka tidak sendirian di rumah tersebut. Mereka pun mendapat teror mengerikan sepanjang malam tersebut.

Film yang (katanya) berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Rumania ini merupakan rekomendasi teman saya yang penikmat film thriller, horror, suspense dan crime ketika saya meminta film dengan pace cepat dan durasi yang tidak begitu lama. Jadilah dia menyarankan saya menonton Ils. Oh, ya kenapa saya bilang tadi film ini katanya berdasarkan kisah nyata? Karena dari yang saya baca, tidak ada info valid tentang hal yang berhubungan dengan kisah yang disajikan dalam film ini dan beberapa sumber juga meragukannya. Namun, terlepas dari nyata atau tidak, kisah yang disajikan dalam film ini cukup creepy dan menegangkan. Pacenya yang cepat nyaris tak memberi ruang sedikit pun untuk mencerna apa yang terjadi, terutama ketika teror dimulai sehingga sepanjang film kita jadi bertanya-tanya, “apa yang sebenarnya terjadi?”.  
Unfortunately, Ils is underrated. Apalagi ketika film ini selalu dibanding-bandingkan dengan film buatan Hollywood; The Strangers yang mempunyai premis serupa, yang muncul dua tahun kemudian dibanding Ils. Bisa jadi karena Ils bukan film produksi Hollywood, sehingga film ini tidak begitu terdengar gaungnya. Atau mungkin juga karena scriptnya yang terbilang cheesy untuk sebuah film horor. Ya, kekurangan terbesar film ini terdapat pada plot ceritanya yang kurang solid, bahkan mungkin nyaris tidak ada, karena memang penonton hanya disuguhkan aksi ketegangan, ketakutan dan kengerian belaka dalam rentang waktu 74 menit. Sehingga ketika film berakhir pun, tanda tanya besar "Kenapa?" masih terus menghantui kita. 

Namun, dibalik kekurangannya tersebut, Ils tetap menyajikan sajian thriller horor yang mencekam, penuh ketegangan dan menimbulkan rasa takut dan rasa tidak nyaman. Bagaimana tidak, film ini membuat kita merasa tidak nyaman bahkan ketika berada di rumah sendiri dan menyadari betapa seseorang dapat sangat berbahaya, siapa pun dia. Bahkan kejadian yang dialami kedua karakter dalam film ini, bisa menimpa siapa saja dalam kehidupan nyata. Dengan hanya bersetting dalam ruang lingkup sempit, namun tensi ketegangan film ini malah semakin lama semakin memuncak. Didukung oleh pergerakan kamera yang bagus serta perpaduan visual, cahaya, suara-suara seperti langkah kaki, suara gesekan dan bunyi-bunyian aneh lainnya, membuat film ini seakan menjadi teror psikologis tersendiri bagi para penonton. Belum lagi tampilan rumah Clémentine dan Lucas yang memang sudah terlihat begitu menyeramkan. Saya jadi bertanya-tanya, kenapa pasangan tersebut membeli rumah yang begitu besar di daerah terpencil begitu?. Rumah itu terlalu besar untuk mereka berdua sehingga terlihat menyeramkan, apalagi dengan banyaknya ruangan dan lorong-lorong. Tapi sepertinya hal tersebut memang disengaja (walau tanpa penjelasan yang pasti) untuk menciptakan atmosfir menyeramkan. Dan atmofir tersebut semakin terasa ketika ending. Endingnya.. ya.. saya cukup shock dengan endingnya, namun saya menyukai trik endingnya yang bagus. Satu lagi yang saya suka dari film ini adalah tidak adanya sex scene seperti film-film horor kebanyakan. Ini merupakan suatu hal yang jarang sekali terjadi, mengingat sex scene menjadi salah satu adegan yang sangat dinanti bahkan menaikkan popularitas suatu film horor khususnya. Saya pernah membaca sebuah komen (lupa dimana), yang mengatakan bahwa kecewa karena tidak adanya sex scene dalam film ini sehingga si pengomentar tersebut menjadi tidak menyukai film ini.

Film ini semakin menarik karena chemistry kuat antara kedua pemain utamanya, Olivia Bonamy dan Michaël Cohen. Mereka berdualah yang memegang kendali film ini. Tanpa akting ciamik mereka berdua, mungkin feel dari film ini tidak akan mengena. Akting mereka pun semakin solid karena didukung dengan akting pemain lainnya yang walaupun hanya tampil beberapa menit namun penampilan mereka cukup mencuri perhatian.

Akhirnya, Ils bisa menjadi salah satu alternatif tontonan thriller horor yang mencekam. Walau bukan film yang sempurna dan masih banyak kekurangan dimana-mana, namun jika hanya ingin merasakan sensasi horor tanpa terpengaruh jalan ceritanya yang cheesy, Ils adalah sajian horor recommended.








Title: Ils / Them | Genre: Horror, Thriller | Director: David Moreau, Xavier Palud | Music: René-Marc Bini | Release date(s): July 19, 2006 | Running time: 74 minutes | Country: France, Romania | Language: French, Romanian | Cast: Olivia Bonamy, Michaël Cohen, Adriana Mocca, Maria Roman, Camelia Maxim | IMDB | Rotten Tomatoes 













Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png