March 09, 2013

Silenced (2011)


Silenced (2011)






Silenced / The Crucible (2011)
Do-ga-ni
Drama
Based on The Crucible by Gong Ji-young (novel)
Director: Hwang Dong-hyuk
Release date(s): 22 September 2011
Running time: 125 minutes
Country: South Korea
Language: Korean
Cast:







Gang In-ho (Gong Yoo) yang seorang single parent dan kesulitan keuangan, terpaksa menerima tawaran pekerjaan menjadi guru kesenian di sebuah sekolah khusus anak-anak tuna rungu di Mujin, daerah yang jauh dari kota Seoul. Di sekolah tersebut, In-ho menemukan fakta yang mengejutkan, beberapa anak mengalami kekerasan fisik dan seksual oleh para guru dan kepala sekolah. Akhirnya In-ho bersama seorang aktivis HAM, Seo Yu-Jin (Jung Yu-Mi), bersama-sama membantu anak-anak tersebut dan mengekspos kasus tersebut agar diketahui khalayak ramai. Tapi, fakta di lapangan berbicara lain. Baik para guru, staff, kepala sekolah, polisi, bahkan hakim justru menutupi kasus tersebut.

 

Silenced merupakan sebuah kisah nyata yang terjadi di Korea Selatan dan film ini diadaptasi dari novel karya Gong Ji-young yang menceritakan tentang kisah kekerasan seksual pada anak-anak di sekolah Gwangju Inhwa.

 

Menonton Silenced, seakan seperti sedang menonton film horor. Dengan pencahayaan yang minim, adegan-adegan di lorong dan ruangan gelap, suara-suara rintihan yang terdengar di sekolah tuna rungu tersebut, membuat kesan menakutkan dan mengerikan yang kental. Belum lagi atmosfir filmnya yang kelam. So, Silenced is the true horror movie!

 
Dibalut dengan iringan musik dan scoring yang memilukan, menambah kelamnya film ini. Belum lagi di satu jam pertama, kita akan disuguhkan adegan demi adegan kekerasan yang terjadi pada anak-anak tuna rungu tersebut secara gamblang dan jelas. Lalu di satu jam berikutnya akan fokus pada masalah penyelesaian di ruang sidang. Di sini, terjadi banyak adegan yang membuat kita akan menarik nafas panjang karena kesal, marah, atau benci  seperti ketika menonton Soredemo, Boku wa Yattenai. Apalagi jika melihat wajah para tersangka yang sok suci tersebut, rasanya pengen mencabik-cabik wajah mereka. Wow! Terlihat berlebihan sepertinya ungkapan saya, tapi memang begitulah adanya.

 

Sang aktor utama, Gong Yoo memang paling tepat memerankan karakter In-ho. Diduetkan dengan Jung Yu-Mi yang juga tak kalah bagus aktingnya dengan Gong Yoo. Dan tentunya para villain, seperti si kembar kepala sekolah dan salah satu guru yang melakukan kekerasan seksual, memang sukses membuat para penonton ingin meludahi wajah mereka karena aktingnya yang mantap. Memang, akting Jang Gwang sebagai si kembar kepala sekolah benar-benar terlihat memuakkan.

 

Pemain anak-anaknya pun mampu mencuri perhatian dengan akting mereka yang keren. Terlebih karena mereka juga harus belajar bahasa isyarat. Saya paling suka dengan karakter Yoo-ri dibanding karakter anak lainnya. Tapi saya cukup terharu ketika Min-Soo menangis meraung-meraung mengetahui kenyataan bahwa sang nenek telah memaafkan si pelaku kejahatan. Sesuai dengan judul filmnya, Silenced, film berdurasi dua jam lebih ini lebih banyak menampilkan akting mimik dan gerak para pemain ketimbang dialog.


Sama mengesalkannya dengan film  Soredemo, Boku wa Yattenai, Silenced pun akan membuat kita sangat geram, benci, atau pun murka melihat fakta di lapangan yang sebenarnya, dimana yang menang selalu orang yang  berkuasa. Uang.. uang dan uang. Dan dengan uang, hukum pun bisa dibeli. Miris! Sebuah potret yang sangat mirip dengan hukum di negeri kita.









1 comment:

Anisa Maulina said...

filmnya menyentuh banget :(

blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2013/04/15/42-tahun-perjalanan-margahayuland/

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png