March 03, 2013

The Host (2006)


The Host (2006)




The Host (2006)
Gwoemul

Horror | Sci-Fi | Thriller
Director: Bong Joon-ho
Release date(s): July 27, 2006
Running time: 119 minutes
Country: South Korea
Language: Korean, English

Starring:


Watched: 2 March 2013



Monster yang berwujud seperti ikan, menyerang sungai Han dan melukai orang-orang yang berada di sekitar sungai tersebut. Salah satu keluarga kehilangan anggota keluarganya dan sang ayah, Park Gang-du (Song Kang-ho) percaya bahwa putrinya, Park Hyun-seo (Go Ah-sung) tersebut masih hidup. Berbagai cara dilakukan keluarga tersebut untuk menemukannya kembali. Berhasilkan mereka?

  

 Wah, sudah lama sekali saya tidak menonton film Korea sejak terakhir kali menonton Save the Green Planet! beberapa bulan yang lalu. Padahal, film Korea (film, loh, bukan drama!) merupakan salah satu film asia favorit saya terutama yang bergenre thriller, crime, dan mystery. Film ini sebenarnya sudah lama ada di laptop saya, tapi belum sempat saya tonton juga. Akhirnya, mengambil tema Korean movie untuk bulan Maret ini, saya pun langsung menonton The Host sebagai film Korea pertama yang saya tonton di bulan ini.


Bong Joon-ho yang karyanya pernah saya tonton, Madeo, dua tahun lalu, membuat saya yakin bahwa sutradara yang satu ini bisa disejajarkan dengan yang memang saya sangat suka dengan film-filmnya. Terbukti dengan jalan cerita yang bagus, pemain yang memang bisa berakting dan sinematografi yang indah, The Host menjadi sajian yang menarik.




Monsternya sendiri menurut saya cukup bagus special effectnya, apalagi dengar-dengar menghabiskan dana yang nggak sedikit untuk pembuatannya. Tapi semuanya akan sia-sia jika tidak didukung oleh jalan cerita yang mantap dan akting bagus para pemainnya. Dan untungnya Bong memang tepat memilih para pemainnya yang beberapa di antaranya adalah aktor/aktris favorit saya seperti Song Kang-ho dan Bae Doona. Kekuatan film ini juga tak lepas dari karakter tiap pemainnya, terutama keluarga Park, seperti Gang-du yang kurang kompeten di usianya yang sudah 40 tahun, Nam-il yang anak bungsu, seorang sarjana pengangguran, Nam-joo yang seorang pemanah tapi lamban, Hyun-seo yang cerewet dan cukup dewasa di usianya yang masih sangat muda serta Hee-bong, sebagai orang tua yang merasa prihatin atas nasib anak-anaknya karena kesalahannya di masa lalu.

 

Satu hal yang menjadi ciri khas film-film garapan Bong adalah tema kasih sayang keluarga. Di Madeo, cinta seorang ibu pada putranya dan di The Host tentang cinta seorang ayah pada putrinya. Akhirnya, The Host merupakan sajian komplit sebuah film yang menegangkan, mengharukan, sekaligus lucu.





8 comments:

-oKKy- said...

Gw pengennya alternate ending, Hyun Seo kesedak sewaktu dipeluk Nam Joo... :berdukas :berdukas

Ladila said...

Kalo gitu malah kayak cerita shitnetron donk :P

Nugros C said...

nice review,
suka banget sama ni film..and semua karya Joon Ho sepertinya..
endingnya bagus nih menurut gw...menyakitkan memang, but that's the best decision *no spoiler*

Song Kang Hoo juga emang keren aktingnya, mbandingin di disini sama di Sympathy for Mr Vengeance..jauh bgt beda karakternya, walau keduanya punya cinta sama besar untuk putrinya yg hilang :(

Ladila said...

Ya.. setuju kalo aktingnya Song emang lebih asik dan keren di The Host dibanding Sympathy for Mr. Vengeance.

Thanks udah mampir :)

Nugros C said...

udah nonton Snowpiercer?
Koh A-sung sudah besar..not so beautiful, but i thought she has the same charisma like Bae Doo Na ^^

btw, boleh tuker link?

Ladila said...

Belum.. tapi emang sempat liat gambar Ah-sung yang udah remaja..
Jadi penasaran apakah emang benar kharismanya seperti Doo-na?!

Link udah dipasang ya ;)

Dimas A.T Permadi said...

payah lo semua ah, Song Kang Hoo ya paling keren di Memories Of Murder laah

Ladila said...

@Dimas
Kita bandingin aktingnya Song di The Host sama Sympathy for Mr. Vengeance bukan di film2 dia lainnya

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png