August 10, 2016

Linda Linda Linda (2005)

Rewatch



Linda Linda Linda (2005)

Film Remaja Untuk Yang Tidak Suka Menonton Film Remaja







Hanya tiga hari sebelum festival sekolah berlangsung, Kei sang keyboardist (Yu Kashii), Kyoko sang drummer (Aki Maeda) dan Nozomi sang bassist (Shiori Sekine) terpaksa merekrut vokalis baru secara 'asal' untuk band mereka. Dan yang terpilih adalah Son (Bae Doo-na), siswa pertukaran pelajar dari Korea yang masih kesulitan berbahasa Jepang. Dengan waktu yang singkat, mereka harus berlatih maksimal agar bisa tampil di festival sekolah. Apakah mereka berhasil tampil dalam festival tersebut? 

Ini ketiga kalinya saya menonton film ini sejak pertama kali menontonnya tiga tahun lalu. Hasrat ingin menonton ulang pun terjadi waktu saya sedang beres-beres hardisk external dan menemukan film ini. Dulu, waktu pertama menontonnya, saya cukup enjoy walaupun kebingungan di beberapa bagian. Dan sekarang ketika saya menonton ulang, saya semakin enjoy menontonnya, bahkan feel yang dulunya tidak saya dapat, malah saya rasakan sekarang. Padahal kalau ditilik kembali, plot ceritanya sangat sederhana; cuma sekumpulan siswi sekolah yang berlatih keras demi untuk tampil di festival sekolah. Bayangkan, cuma level festival sekolah!! Bukan, bukan saya sepele atau merendahkan, tapi sebaliknya, saya salut dengan kerja keras mereka berlatih siang malam untuk tampil. Bahkan mereka rela latihan di studio yang lokasinya jauh dan rela menginap di sekolah demi latihan. Dan saya seperti merasakan sendiri perjuangan mereka berlatih itu karena tampil di atas panggung, tuh rasanya bahagia sekali, bahkan tak terkatakan dengan kata-kata; karena saya juga mantan anak band. Tampil di acara pernikahan aja rasanya sudah 'wah' banget, apalagi kalau tampil di festival :D. Dan melihat adegan dimana keempat gadis tersebut latihan band, terasa begitu menyenangkan sekaligus membuat saya sedikit bernostalgia.

Lalu, jika ceritanya hanya tentang band aja, apa tidak bosan menontonnya dengan durasi 114 menit? Jawabannya TIDAK!!! Percayalah, kalau anda sudah menonton film ini, durasi segitu malah tidak terasa sama sekali dan tiba-tiba saja filmnya sudah selesai. Tentu saja karena film ini mempunyai alur cerita yang ringan, sederhana, menyenangkan dan mengalir begitu aja. Tidak ada sajian yang muluk-muluk sehingga terasa begitu dekat dengan kehidupan kita sehari-hari. Tema persahabatan dipaparkan dengan begitu kental, ditambah dengan sedikit bumbu pemanis kisah romansa remaja yang malu-malu kucing sudah cukup menjadi daya tarik untuk film ini.

Dan film ini semakin hidup dengan akting brilian dari Bae Doo-na (salah satu aktris Korea favorit saya!) yang sangat tepat memerankan karakter Son. Linda Linda Linda tidak akan semenarik ini tanpa akting keren dari Bae Doo-na. Sekedar info, usia Bae Doo-na sudah 26 tahun, lho ketika main di film ini, tapi wajahnya masih terlihat muda dan imut, bahkan lebih imut dari wajah Yu Kashii yang beda umurnya sekitar 8 tahun. Yu Kashii aktingnya biasa saja. Yang paling berkesan hanya wajah cantik dan suara cemprengnya saja. Dan dari semua filmnya yang pernah saya tonton, saya belum pernah sekali pun terkesan dengan akting dari istri Joe Odagiri ini. Untuk film ini, Yu Kashii harus belajar memainkan alat musik. Sedangkan Aki Maeda dan Shiori Sekine aslinya memang bisa bermain alat musik. Akting Aki Maeda bisa dilihat juga di film Battle Royale yang melambungkan namanya. Sedangkan Shiori Sekine aslinya memang seorang bassist sebuah band bernama Base Ball Bear. Dan sepertinya Linda Linda Linda adalah satu-satunya film yang dia bintangi hingga saat ini. Ada juga penampilan cameo dari Kenichi Matsuyama sebelum dia menjadi seorang aktor terkenal seperti sekarang. 

Buat penikmat musik mungkin bakal mikir, kok film ini judulnya seperti judul lagunya The Blue Hearts? Ya, memang benar, Linda Linda Linda adalah lagu dari band Jepang The Blue Hearts. Dan lagu tersebutlah yang akan dimainkan oleh Paran Maum (The Blue Hearts dalam bahasa Korea), band besutan Kei dkk dalam film ini. Kalau mau dengar Bae Doo-na nyanyi (dan ternyata suaranya cukup bagus), ayo segera tonton film Linda Linda Linda. Tambahan info, Paran Maum juga merilis CD single mereka beserta album OST Linda Linda Linda yang digarap oleh James Iha, gitaris The Smashing Pumpkins. Finally, saya sangat merekomendasikan film Linda Linda Linda untuk anda semua, terutama untuk yang tidak menyukai film remaja klise yang basi. 






Title: Linda Linda Linda | Genre: Drama, Music, Teen, Comedy | Director: Nobuhiro Yamashita | Music: James Iha, The Blue Hearts, Base Ball Bear, Shione Yukawa | Release dates: July 23, 2005 | Running time: 114 minutes | Language: Japanese | Cast: Bae Doona, Aki Maeda, Yu Kashii, Shiori Sekine, Kenichi Matsuyama, Keisuke Koide | IMDb | Rotten Tomatoes







5 comments:

Paskalis Damar said...

Hi Radira! Aku nominasikan Eiga Rebyu untuk Sunshine Blogger Awards: https://sinekdoks.com/2016/08/24/the-sunshine-blogger-awards-2016/

Silakan kunjungi post-nya dan see how you can do about it!

Cheers!
- Paskalis

Radira said...

Thank you so much^^

jodi said...

Buat yg gak paham budaya Asia, mungkin ngerasa film ini alurnya lambat, apalagi banyak frame yg isinya cuma scenery ato ambience doang..
Personally, ane akut banget ama film ini, tanpanya, ane ga akan tau repertoir the blue hearts yg ternyata legendaris..😀

Radira said...

Yihaaa... ada papajod :D
Sipp.. ternyata kita 11-12 akutnya sama film ini.
Aku malah pengen nonton lagi :D

Radira said...

Di tunggu oc smule The Blue Hearts-nya papajod ^^

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png