July 30, 2014

See The Sea | Regarde La Mer (1997)


See The Sea (1997)






Anda penyuka film bergenre drama dibalut thriller? 
Anda penyuka film non-hollywood? 
Anda suka nonton, tapi tak punya waktu banyak untuk menonton?
Jika jawabannya iya, maka Regarde la mer a.k.a See the Sea sangat saya rekomendasikan untuk anda. Film ini hanya berdurasi 52 menit - yang bahkan lebih singkat dibanding satu episode drama Korea - namun mampu menyajikan suguhan tontonan yang cukup menarik.

Film ini bercerita tentang seorang wanita yang telah menikah, Sasha (Sasha Hails), yang tinggal bersama bayinya yang berusia 10 bulan, Sioffra (Samantha) di sebuah tempat yang jauh dari kota, di dekat pantai. Suaminya bekerja di Prancis dan jarang pulang. Suatu hari seorang backpacker wanita bernama Tatiana (Marina de Van) mendatangi rumah kediaman Sasha dan meminta ijin memasang tenda di pekarangan rumahnya selama 3-4 hari karena penginapan penuh. Sasha mengijinkannya. Walau awalnya Sasha bersikap sedikit skeptis pada Tatiana, namun akhirnya dia menawari wanita tersebut makan bersama dan mandi di rumahnya. Dengan sikap Tatiana yang misterius, Sasha malah semakin penasaran dengan wanita tersebut.

Durasi film ini hanya 52 menit? Apa yang bisa didapat dengan durasi secepat itu? 
Eits.. jangan salah, walau pun durasinya bisa dibilang tidak normal untuk ukuran sebuah film, tapi film garapan Francois Ozon ini sangat bagus. Ya, Regarde La Mer memang hanya sebuah short movie, namun ceritanya sangat menarik dan bagus sekali menurut saya! Dengan pacenya yang tenang bahkan terlalu santai, pasti kita tidak akan menyangka bahwa ini adalah film bergenre thriller. Ceritanya nyaris seperti sajian kisah drama sehari-hari, dengan alur yang stabil. Kemunculan karakter Tatiana memang menjadi tanda tanya besar dan membuat kita akan berfikir ada sesuatu yang disembunyikan dari dirinya. Hingga tanda tanya tersebut sedikit demi sedikit terjawab melalui adegan demi adegan yang ditampilkan. SPOILER ALERT!! Ada satu adegan yang membuat saya semakin yakin, there's something wrong with her!, yaitu ketika ia menumpang mandi di kamar mandi rumah Sasha. Adegan sikat gigi yang ditempelin 'sesuatu' itu benar-benar disgusting. Dan akhirnya semua pertanyaan pun terjawab. Saya sempat berpikir akan berakhir seperti yang terjadi di endingnya, namun karena suatu adegan sebelum klimaksnya, saya jadi terkecoh! Yeah, atmosfir yang tadinya tenang pun seketika berubah menjadi suram dan gelap. Atmosfirnya sedikit mengingatkan saya pada film Vertigo.

Selain ceritanya yang cukup menarik, saya sangat menyukai setting film ini terutama setting di pantai. Kita disuguhkan pemandangan pantai yang indah, yang seketika akan membuat kita ingin merasakan sendiri pasir dan deburan ombak di pantai tersebut. Adegan ketika Sasha membawa bayinya ke pantai tersebut menjadi salah satu adegan favorit saya. Di tambah tingkah si mungil Sioffra (yang ternyata adalah bayi kandung Sasha Hails di dunia nyata) yang lucu sungguh menggemaskan sekali. Dan tentu saja film ini semakin bagus karena akting natural dari Sasha Hails dan Marina de Van. Lewat gesture, ekspresi wajah, dan gerakan mata; mereka berdua telah berhasil memainkan karakter Sasha dan Tatiana dengan sangat baik.

Yeah, intinya dalam rentang waktu yang singkat, Regarde La Mer mampu menyajikan suatu tontonan menarik yang dapat mengeksplor rasa ingin tahu, keinginan, dan identitas seseorang. And finally, I ask you all to try watching this movie! Hopefully, you like it too as I like it very much!








Title: Regarde La Mer / See The Sea | Genre: Thriller | Director: Francois Ozon | Release date(s): 1997 | Running time: 52 minutes | Country: France | Language: French | Cast: Sasha Hails, Marina de Van, Samantha, Paul Raoux | IMDb | Rotten Tomatoes











No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png