August 25, 2013

La Femme Nikita (1990)

La Femme Nikita (1990)







La Femme Nikita (1990)
Nikita
Action | Drama | Thriller 
Director: Luc Besson
 Music: Éric Serra

Release date(s): 21 February 1990
Running time: 117 minutes
Country: France, Italy
Language: French, Italian
Starring:





Seorang junkies bernama Nikita (Anne Parillaud) ditangkap saat terjadi pencurian di apotik karena menembak seorang polisi dan kemudian dipenjara. Petugas intelijen Prancis, Bob (Tchéky Karyo) memberinya alternatif agar bebas dari eksekusi dengan menjadi agen rahasia negara. Nikita setuju dan kemudian dia dilatih dan diajari banyak hal serta diberi identitas baru.


Le Femme Nikita adalah judul yang tepat untuk menggambarkan tema dari film ini sendiri. Femme, yang berkonotasi keanggunan, elegan, gairahkan dan/atau martabat seorang wanita/istri menjadi simbol dari karakter utama dalam film ini. Kendati film ini bercerita tentang mata-mata rahasia dengan kode nama Josephine ini, namun sang sutradara, Besson lebih memfokuskan pada cerita personal pribadi sang karakter utama, Nikita. Besson mengeksplor dilema seorang wanita yang memiliki dua kehidupan berbeda dan harus memilih antara pekerjaan atau cinta. Namun, Besson tetap menampilkan action-action memukau dengan porsi yang pas.


Transformasi seorang Nikita dari seorang junkies hingga menjadi seorang pembunuh profesional tergambar dengan sangat bagus. Tentu saja hal tersebut tak lepas dari akting memukau Parillaud. satu-satunya yang epic fail adalah tampang Parillaud yang tidak seperti gadis berusia 20 tahunan. Parillaud terlihat lebih tua, karena memang usianya saat itu sudah tiga puluh tahun.



Jean-Hugues Anglade dan Tchéky Karyo yang berperan sebagai Marco dan Bob, pun menampilkan akting yang bagus dan memukau. Percakapan keduanya di akhir film merupakan salah satu bagian favorit saya dalam film ini. Tak ketinggalan akting bagus dari Jean Reno sebagai Victor "The Cleaner" yang walau penampilannya tak banyak, namun sukses mencuri perhatian. Karakter Victor tersebutlah yang kemudian menjadikan Besson membuat film Léon: The Professional empat tahun kemudian.


Overall, La Femme Nikita merupakan sajian thriller yang menarik, menghibur dan worth watching
 
 
 












2 comments:

Anonymous said...

Film "La Femme Nikita" (1990) ini ada versi Hollywood-nya.

Judulnya "Point of No Return" (1993),
dengan peran utamanya aktris Bridget Fonda.

Di film adaptasi tsb nama karakter "Nikita"
berubah menjadi "Maggie".

Tapi kalau aku pribadi lebih suka versi aslinya.

Penampilan Anne Parillaud sebgai Nikita jauh lebih natural daripada Bridget Fonda, yang di film "Point of No Return" itu
mungkin masih terlihat manis sebagai perempuan berdarah dingin.

Film "La Femme Nikita" ini juga ada versi TV seriesnya.
Tapi bukan produksi Hollywood, melainkan produksi Canada.

Dulu sekitar tahun 2000an awal, salah satu stasiun TV di Indonesia menayangkan TV Series "La Femme Nikita", yang peran utamanya adalah aktris Peta Wilson.

jodieisme said...

pesan moral terselubung: jangan lupa, wanita bertubuh seperti lidi juga bisa "main-main" dg pistol robotcop..

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png