February 22, 2014

Gangs of Wasseypur (2012)


Gangs of Wasseypur (2012)








Gangs of Wasseypur bisa di bilang film India yang paling saya ingin tonton karena gaungnya yang terdengar dimana-mana. Banyak yang bilang film ini seperti The Godfather rasa India. Kebetulan saya sangat menyukai film The Godfather sehingga tentu saja saya penasaran seperti apa, sih citarasa The Godfather ala India ini. Sayangnya, film ini harus dibagi dalam dua part (mengingat durasinya yang kelewat panjang, lebih panjang dari The Godfather), sehingga kelar menonton bagian pertama, saya harus bersabar agak lama menunggu kelanjutannya - karena memang agak susah mendapatkan film ini – untuk mengetahui cerita lengkap film ini.

Cerita dimulai di era 1940-an hingga awal 1990-an untuk bagian pertama. Menceritakan sebuah kota kecil Wasseypur, di bagian Dhanbad, Bihar. Selama tahun 1940-an, Shahid Khan (Jaideep Ahlawat) merampok kereta api milik Inggris dengan berpura-pura sebagai Sultan Daku yang terkenal. Ketika dia tertangkap, dia diusir dari desanya. Kemudian dia bekerja di pertambangan milik Ramadhar Singh (Tigmanshu Dhulia) dan menjadi tangan kanan Ramadhar. Shahid berencana mengambil alih kekuasaan Ramadhar tetapi malah lebih dulu dibunuh oleh Ramadhar. Sardar Khan, anak Shahid dendam dan ingin membalas kematian sang ayah. Ketika dewasa, Sardar Khan (Manoj Bajpai) pun akhirnya menjadi orang yang cukup berkuasa dan ditakuti di Wasseypur dan Dhanbad. Kehadiran Sardar menjadi ancaman bagi Ramadhar dan penerus Sultana karena itulah mereka ingin menghancurkan Sardar. Klimaks bagian pertama film ini pun berakhir dengan menyisakan tanda tanya apakah Sardar hidup atau mati. 

Dalam bagian pertama film ini, beberapa ceritanya sempat kehilangan pace-nya sesaat dan berubah haluan dari cerita tentang balas dendam menjadi kisah pribadi seorang Sardar Khan. Pada rentang waktu tersebut, cerita menjadi sedikit tidak konsisten dan sempat menimbulkan kebosanan, untungnya performance dari pemainnya dan dialog-dialog yang disajikan menjadi penyelamat momen membosankan tersebut sebelum kembali ke fokus cerita utamanya. Sedangkan bagian kedua dimulai dari awal 1990-an hingga pertengahan 2000-an. Pada bagian kedua ini menceritakan tentang anak-anak Sardar, terutama anak keduanya, Faizal Khan (Nawazuddin Siddiqui) yang menjelma menjadi penerus Sardar Khan sebagai orang nomor satu yang berkuasa di Wasseypur. Namun impiannya hanya satu, yaitu menghancurkan Ramadhir Singh.

Di film ini kita akan bisa melihat berbagai aspek berbeda dari para gangster, balas dendam, politik, ambisi, persaingan antar kaum tertentu, dan tentunya kisah cinta. Film ini berat, penuh kata-kata makian, penuh darah dan kekerasan tentunya. Sedikit mengingatkan pada film City of God juga. Gangs of Wasseypur memang berdasarkan kisah nyata, namun dengan perubahan di sana-sini dari kisah sebenarnya. Tetapi, hal tersebut sama sekali tidak mengurangi inti cerita dan kenikmatan menontonnya. Justru film yang disutradarai dengan sangat gemilang oleh Anurag Kashyap ini, menampilkan jalan cerita yang sangat menarik, dialog impresif dan performa menawan para pemainnya, sehingga menjadikan film ini sangat layak untuk ditonton.

Para pemainnya memainkan perannya dengan sempurna. Manoj Bajpai jelas menampilkan performa hebat sebagai seorang Sardar Khan. Begitu pula dengan Nawazuddin Siddiqui yang luar biasa berperan sebagai Faizal Khan. Sebelum ini saya sempat melihat aktingnya yang juga menawan terlebih dahulu di Kahaani. Tigmanshu Dhulia yang berperan sebagai Ramadhir Singh juga menampilkan akting yang memukau. Begitu pun dengan Jaideep Ahlawat yang sepertinya bakal menjadi aktor yang bersinar di masa mendatang. Dan terakhir Zeishan Quadri yang aktingnya berhasil menarik perhatian saya sebagai sosok Definite yang bajingan, pemuja Salman Khan, opportunis dengan sosoknya tak bisa diprediksi serta menakutkan.

Dari deretan aktrisnya, ada Richa Chadda dan Reemma Sen yang memainkan karakter istri-istri Sardar Khan, Nagma dan Durga. Penampilan Richa Chadda-lah yang jauh lebih mencuri perhatian ketimbang Reemma Sen. Cara dia berdialog dan mengekspresikan diri sebagai seorang istri yang dimadu namun kuat dan tegar, benar-benar keren. Namun, Reema pun tak kalah bagusnya dan membuat penonton terkesan dengan karakternya yang jauh lebih sulit dan complicated. Selain itu ada juga Huma Qureshi sebagai sosok Mohsina yang cantik dan mampu menaklukkan hati Faizal Khan. 

Akhirnya, Gang of Wasseypur adalah Sebuah film yang wajib ditonton untuk penikmat film baku hantam penuh action dengan akting keren para pemainnya. A Must watch!  







Title:  Gangs of Wasseypur | Genre: Action/ Crime/Drama | Director: Anurag Kashyap | Music: Sneha Khanwalkar (soundtrack)., G. V. Prakash Kumar (score) | Release date(s): May 2012 (Cannes), 22 June 2012 (India) | Running time: 160 minutes| Country: India | Language: Hindi | Cast: Nawazuddin Siddiqui, Manoj Bajpai, Huma Qureshi, Tigmanshu Dhulia, Richa Chadda, Piyush Mishra, Reemma Sen, Jaideep Ahlawat |  IMDb | Rotten Tomatoes













No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png