July 09, 2013

Special 26 (2013)


Special 26 (2013)





Special 26 (2013)
Special Chabbis
 Crime | Drama | Thriller
Director: Neeraj Pandey 
Music: Songs: M. M. Kreem
Himesh Reshammiya
Background Score:
Surender Sodhi
Release date(s): February 8, 2013
Running time: 143 minutes
Country: India
Language: Hindi

Starring:
 Akshay Kumar
Kajal Aggarwal
Jimmy Shergill
Manoj Bajpai
Anupam Kher
Divya Dutta 



Film ini berdasarkan kisah nyata tentang sekelompok penipu yang melakukan perampokan selama tahun 1980-an. Mereka merampok para pengusaha terkenal dan politisi dengan berpura-pura menjadi anggota CBI atau petugas pajak lalu melakukan penggerebekan dengan dalih melakukan razia dan mengambil semua uang dan perhiasan para pengusaha dan politisi tersebut.


 
Kali ini pun Bollywood membuktikan bahwa mereka mampu menciptakan tontonan bermutu. Bolly sekarang bukan seperti Bolly sepuluh atau dua puluh tahun lalu yang selalu dihiasi dengan tema-tema percintaan ala dunia mimpi dimana yang baik akan selalu menang atau pun adegan-adegan lebay dengan diiringi lagu nyanyian dan tarian sepanjang film dalam durasi 2-3 jam pemutaran. Special 26 - kendati tak seperti Kahaani yang nyaris tanpa nyanyian dan tarian - memang masih mengusung beberapa hal basic dalam perfilman Bollywood seperti durasi yang panjang dan berisi nyanyian serta tarian, namun bisa memberikan tontonan segar menarik dan penuh twist. Sedikit membosankan hanya di bagian kisah romantis Ajay dan Priya yang berisi nyanyian dan tarian - yang membuat saya nyaris tertidur beberapa menit. Selebihnya, saya bahkan tidak menyadari jika durasi film ini adalah 143 menit dan tiba-tiba saja berakhir di klimaks yang seru dan membuat saya melongo menyadari saya telah tertipu plot ceritanya. Padahal saya adalah penggemar film-film sejenis, tapi masih terkena jebakan betmen juga.


 

Menariknya lagi, film ini menggambarkan seperti apa India itu sendiri dengan korupsi dan kehidupan masyarakatnya. Special 26 adalah film crime thriller khas Bollywood dengan segala hal di negeri tersebut. Special 26 sendiri adalah tim yang merekrut 26 orang untuk melakukan inspeksi pajak dadakan di toko perhiasan terbesar di Mumbai, Opera House pada tanggal 19 Maret 1987. Neeraj Pandey meramu kisah tersebut menjadi cerita yang keren dalam film ini. 



Performance para pemain pun sangat bagus dalam film ini. Akhsay Kumar is superb. Anupam Kher juga menampilkan performa yang menawan di usianya yang tak muda lagi sebagai P.K. Sharma dengan slogan khasnya dalam film ini "The real power lies in the heart". Manoj Bajpai yang berperan sebagai officer CBI Waseem Khan tak kalah keren aktingnya. Lalu Jimmy Shergill yang karakternya sebagai Ranveer Singh benar-benar keren dan membuat speechless. Sisanya, Divya Dutta dan Kajal Aggarwal hanya sebagai pemanis. Tanpa ada mereka pun tidak akan mengurangi jalan cerita. Malah menurut saya, karakter Priya lebih baik tidak usah ada.

 

 

Overall, this is a great movie, except the romance scene and song/dance. 














1 comment:

Meuthia Nabila Pratiwi said...

Gitu amat min sama romance dan tarian

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png