May 29, 2012

Howl's Moving Castle (2004)

Howl's Moving Castle (2004)
[Hauru no ugoku shiro] 


 


Director : Hayao Miyazaki
 Release date(s) : September 5, 2004 
 Running time :  119 minutes
Country : Japan
Language : Japanese

Starring (voice) :

Watched : 27 May 2012




Howl's Moving Castle bercerita tentang seorang gadis bernama Sophie, seorang pembuat topi yang dikutuk oleh seorang penyihir jahat yang mengubah wajah dan tubuhnya menjadi seorang nenek tua. Sophie dikutuk bukan tanpa sebab. Penyihir jahat itu mencari Howl, seorang penyihir juga yang menyelamatkan Sophie tempo hari kala diserang oleh pengikut penyihir jahat tersebut. Dalam tubuhnya dan wajahnya yang baru, Sophie berkelana dan menemukan istana Howl yang bergerak. Sophie bertemu dengan penghuni istana tersebut diantaranya Calcifer dan Markl serta Howl sendiri. Petualangan hidup baru Sophie pun di mulai.




Dengan durasi hampir dua jam, terasa sedikit membosankan di tengah film namun menjelang ending, klimaksnya semakin mengasikkan. Apalagi kita disuguhkan dengan artwork yang bagus dan memanjakan mata. Tak salah jika film ini dinominasikan dalam Academy Award for Best Animated Feature pada 78th Academy Awards tahun 2006 lalu. 

 

Walau dengan setting dan nama ala barat (karena berdasarkan novel), namun sang sutradara Hayao Miyazaki tetap membuat aura film ini begitu terasa Japanese. Selain tentunya suara yang memang bahasa Jepang, ada beberapa hal yang mungkin tidak akan ditemui di dalam west movie. Penggambaran karakter Howl sendiri, entah mengapa terlihat begitu so Japanese. Dan untuk scoring musiknya patut diacungin jempol buat Hisaishi. Banyak pelajaran yang akan dapat kita petik dari film ini. Even though, this movie is not the great one but it can be one of the best animated movie.

  

 

2 comments:

Unknown said...

agree, walaupun absurd tp menarik utk diikuti

Warung Anime said...

Untuk filmnya bisa didownload di website kami, klik "Warung Anime" diatas

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png