May 20, 2012

The Spiral Staircase (1945)

The Spiral Staircase (1945)




 


Director :  Robert Siodmak
Release date(s) : February 6, 1946
Running time : 83 minutes
Language : English

Starring :
Dorothy McGuire
George Brent
Ethel Barrymore


The Spiral Staircase adalah film bergenre psychological thriller arahan sutradara Robert Siodmak yang berdasarkan novel karangan Ethel Lina White berjudul Some Must Watch. Menceritakan tentang pembunuh berantai yang selalu membunuh para wanita dengan "keterbatasan". Kali ini yang menjadi target adalah Helen, seorang wanita muda yang bekerja sebagai pengasuh di rumah keluarga Warren. Helen menjaga Mrs. Warren yang sakit. Mrs. Warren mempunyai dua orang putra yaitu Albert yang seorang profesor dan Steven yang playboy. Mrs. Warren sangat sayang pada Helen dan peduli akan keselamatan Helen. Oleh karena itu dia meminta Helen meninggalkan rumahnya bersama Dr. Parry.



Dengan tampilan hitam putih, film yang diproduksi tahun 1945 ini sukses menampilkan banyak adegan mencekam dan membuat penasaran, kendati tema yang diusung sudah banyak ditemui di film-film masa kini bergenre sama. Tapi, untuk produksi tahunnya, film ini jelas sangat patut diacungin jempol dimana kita akan dibuat sangat penasaran dan ingin terus mengikuti ceritanya.



Adegan demi adegan yang mencekam, suram, horor ditampilkan silih berganti lengkap dengan setting rumah besar yang menyeramkan, terutama di saat hujan dan petir. Cahaya remang-remang yang cenderung gelap pun membuat film ini makin terasa so dark. Akan lebih asik menontonnya di malam hari terutama di saat hujan. Rasakan sensasi suspense, thriller, dark, horror yang menyatu di film ini.

 


Dorothy McGuire yang memerankan karakter Helen, tampil mempesona dengan aktingnya yang memukau. Begitu juga dengan pemeran lainnya seperti Ethel Barrymore yang berperan sebagai Mrs. Warren, George Brent sebgai Albert, Gordon Oliver sebagai Steven atau Kent Smith sebagai Dr. Parry.



Memang, bagi penggemar film bertema thriller seperti ini, akan sangat mudah menemukan siapa tersangka pembunuh berantainya, namun walau begitu, sang sutradara tidak akan begitu saja dengan mudahnya membeberkannya. Akan banyak tersangka "palsu" yang dihadirkan. Penonton pun sesaat bisa menjadi ragu, apakah si A adalah tersangka atau malah si B yang menjadi tersangka. Dan bayangkan menonton film ini di tahunnya, pasti luar biasa asiknya. Penonton akan dibuat pusing untuk menebak siapa pelakunya, tapi tetap akan dibuat betah bertahan hingga akhir film.



Untuk kekurangan pada film ini tentu saja tetap ada, terutama teknik pengambilan gambar yang kadang membuat pandangan menjadi kurang enak atau editan-editan yang terasa masih kasar seperti ketika scene menunggang kuda Helen dan Dr. Parry yang terlihat dilakukan di studio. Namun, kekurangan-kekurangan yang ada tidak terlalu banyak mempengaruhi film ini sendiri. Dan cukup dimaklumi untuk tahun segitu, malah sepertinya harus diberi apresiasi lebih. Ya, classis is unique and elegant!. Dan The Spiral Staircase memang bisa menjadi salah satu film klasik bergenre thriller yang patut untuk ditonton.











No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png