July 27, 2012

Father and Daughter (2000)


Father and Daughter (2000)
  

 

  



Director : Michaël Dudok de Wit
Music : Normand Roger, Denis L. Chartrand
Release date(s) : 2000
Running time :  8:30 minutes
Country : United Kingdom, Belgium, Netherlands


Watched : 24 July 2012 


 


Dengan durasi hanya 8 menit 30 detik, Michaël Dudok de Wit mampu menghadirkan film animasi yang bagus, baik dari segi grafis animasinya maupun segi cerita. Dari judulnya sendiri, dapat ditebak film ini menceritakan tentang kisah ayah dan anak. Seorang ayah mengucapkan salam perpisahan kepada putrinya yang masih kecil setelah sebelumnya sang ayah dan anak tersebut bersepeda bersama menyusuri jalanan di Belanda dengan keeksotikan pemandangannya.







Waktu berlalu dan sang putri tumbuh menjadi seorang remaja, dewasa dan menikah. Namun sang ayah belum juga kembali dari perjalanannya. Sang putri tetap setia mengunjungi tempat terakhir sang ayah mengucapkan salam perpisahan. Sang putri percaya bahwa sang ayah akan kembali dari perjalanannya. 




 


Waktu terus berlalu hingga sang putri menjadi tua. Dengan langkahnya yang sudah tidak gesit lagi, dia tetap setia menaiki sepedanya menuju ke tempat kenangan terakhir bersama sang ayah. Dia masih tetap berharap dalam hati yang terdalam bahwa sang ayah akan kembali.







Dengan cerita yang sederhana, Father and Daughter justru mampu membuat penontonnya merasa tersentuh. Tak urung saya pribadi sempat menitikkan air mata. Turut merasakan apa yang dirasakan oleh sang putri yang kehilangan sang ayah. Bahkan scene terakhir benar-benar membuat saya semakin tidak sanggup membendung air mata. Mungkin saya berlebihan, tapi itulah yang saya rasakan. 






Dari segi sinematografisnya, menurut saya sudah bagus. Well, saya memang tidak begitu tahu tentang animasi, tapi apa yang ditampilkan di film ini terlihat indah. Terutama pemandangan alam yang diciptakan, walau kebanyakan menggunakan gradasi warna hitam atau sephia, tapi memberikan efek yang sesuai dengan scene yang ditampilkan. Belum lagi banyak memorable scene dalam film ini. Dan semuanya disajikan dalam waktu yang bahkan tidak sampai 9 menit. Tapi kesemuanya semakin komplit dengan balutan scoring musik yang indah karya Normand Roger.

This will be one of my favorite animation ever! Recommended!








2 comments:

Uli Sholihah Saragih said...

ur blog is amazing.. :D Ini juga salah satu favorit aku, dan ternyata kamu meresensikannya juga.. Best banget dah sama ini film, bener2 buat baper dan nangis...

Radira said...

Thank you Uli^^

Wah, ternyata kamu nonton film ini juga..
Jarang ada yang tahu tentang film animasi ini.

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png