November 24, 2012

Rope (1948)


Rope (1948)











Rope (1948)
Crime | Drama | Mystery

Director: Alfred Hitchcock
Release date(s): August 28, 1948
Running time: 80 minutes
Country: United States
Language: English

Casts:


Yeah, keranjingan film-film Hitchcock terus nih, saya jadinya! Kali ini pilihannya jatuh pada Rope. Nggak ada alasan khusus untuk menontonnya, cuma iseng aja pengen nonton, apalagi ternyata durasinya nggak panjang, cuma 80 menit. Seperti film-film Hitchcock lainnya, kali ini pun temanya tetap sama yaitu crime dan sang pembunuh malah sudah diberitahu secara terang-terangan di awal.


Adalah Brandon dan Philip, dua orang pemuda yang membunuh teman mereka David Kentley karena menganggap diri mereka lebih hebat dan unggul secara intelektual dibanding David. Mereka membunuh David dengan cara mencekik lehernya dengan seutas tali dan meletakkan mayatnya di dalam peti tua sambil melanjutkan rencana mereka mengadakan pesta kecil di apartemen mereka. Mereka mengundang orang tua David, kekasihnya Janet, teman mereka Kenneth dan guru sekolah mereka Rupert



Hmm.. menarik? Yeah, cukup menarik! Apalagi peti tempat dimasukkannya mayat David  tersebut, tiba-tiba disulap jadi tempat menghidangkan makanan. Hanya Brandon dan Philip yang tau akan hal tersebut. Brandon bahkan terlihat sangat tenang dan menikmati pesta. Sebaliknya Philip gelisah terus sepanjang pesta, takut jika kejahatan mereka akan terbongkar. 




Saya suka dengan teknik pengambilan gambarnya walaupun saya tidak begitu tau tentang sinematografi. Kamera terlihat terus bergerak bagaikan di-shoot dalam sekali take saja. Gerakan kamera tersebut membuat kita seperti sedang melihat dan mendengar segala sesuatu yang sedang terjadi dalam film ini tapi tetap fokus pada karakter yang sedang berbicara. Kamera hanya berhenti ketika seorang pemain akan berjalan dengan mengambil atau memperbesar bagian punggung sang pemain tersebut selama beberapa detik sehingga kita akan tau tahu persis apa yang terjadi di sekitarnya setiap saat

 

Walau tanpa adegan vulgar, namun jelas terlihat bahwa film ini bertema homoseksual. Beberapa adegan gamblang antara Brandon dan Philip sempat menunjukkan hal tersebut. Tapi dibalik hal tersebut, yang pasti karakter Brandon yang dimainkan John Dall justru kelihatan lebih menarik ketimbang karakter Rupert yang dimainkan oleh James Steward. Karisma Steward seakan sedikit tertutupi oleh penampilan ciamik Dall. 




Sayang, karakter Janet yang diperankan oleh Joan Chandler tak begitu menonjol. Beda dengan para aktris muda lainnya yang bermain dalam film Hitchcock seperti Grace Kelly atau Kim Novak yang karakternya justru sangat menonjol dalam film-film Hitchcock. Yang mencuri perhatian justru karakter Mrs. Anita Atwater, tante David yang diperankan oleh Constance Collier.



Dengan setting yang hanya dilakukan di apartemen saja, mengingatkan pada Dial M for Murder dan Rear Window. Tapi sayangnya, ketegangannya kurang terasa. Selain itu, banyaknya dialog dalam Rope, membuat saya dilanda kebosanan di beberapa bagian. Satu lagi yang membuat saya agak "jengah" adalah ketajaman insting Rupert yang terlihat berlebihan menurut persepsi saya pribadi.



 














No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png