April 27, 2013

The Disappearance of Haruhi Suzumiya (2010)


The Disappearance of Haruhi Suzumiya (2010)








The Disappearance of Haruhi Suzumiya (2010)

Suzumiya Haruhi no shôshitsu

Animation | Comedy | Drama
Director: Tatsuya Ishihara
Yasuhiro Takemoto
Music: Satoru Kōsaki
Release date(s): February 6, 2010
Running Time: 164 minutes
Country: Japan
Language: Japanese


Starring:
Aya Hirano
Tomokazu Sugita
Minori Chihara
Yūko Gotō
Daisuke Ono






Haruhi Suzumiya beserta Brigade SOS berencana membuat pesta natal di ruangan klub. Kyon, yang seperti biasa pendapatnya selalu tak dihiraukan Haruhi, mau tidak mau mengikuti juga keinginan Haruhi. Namun pada tanggal 18 Desember, Kyon menyadari banyak hal aneh terjadi di sekelilingnya.

 
 

Bangku di belakangnya yang harusnya diduduki oleh Haruhi, malah dipakai oleh Asakura Ryoko dan tak seorang pun di sekolah yang mengenal sosok Haruhi. Tidak hanya itu, Asahina Mikuru juga tidak mengenal Kyon. Lalu seisi kelas Koizumi Itsuki mendadak hilang dan perubahan karakter yang berbeda drastis pada Nagato Yuki yang dikenalnya. Dengan kebingungan, Kyon mencoba mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi. Satu-satunya petunjuk yang didapatnya hanyalah pembatas buku yang ditemukan di dalam novel yang pernah dipinjamkan Nagato padanya.

 

Sejujurnya, saya kebingungan dengan jalan ceritanya berhubung saya tidak mengikuti seriesnya The Melancholy of Haruhi Suzumiya atau pun novelnya sehingga plot cerita film ini membuat saya pusing. The Disappearance of Haruhi Suzumiya memang merupakan sekuel dari seriesnya. Yang membuat saya tertarik ketika melihat poster filmnya dan memutuskan ingin menontonnya adalah karena artworknya yang keren (saya sangat menyukai tipe artwork seperti ini) dan karakter Haruhi Suzumiya yang saya kenal awal mulanya dari cosplay. Dan tanpa mencari info apapun, saya pun mulai menonton film ini.

 
 

Akhirnya, jelas saya kebingungan baik dalam karakter masing-masing tokohnya juga tentu saja jalan ceritanya. Dan akhirnya saya memutuskan untuk menikmati saja jalan ceritanya tanpa berpikir berat, toh bagaimana pun susah mencari celah untuk menghubungkan jalan cerita dengan karakternya, karena itu tadi, saya tidak mengikuti seriesnya. Tapi kemudian saya bisa juga mengaitkan tiap karakter yang ada sedikit demi sedikit sembari berimajinasi liar.

 
 

Konsep fiksi ilmiah yang diusung tentu membuat anime ini terasa berat untuk ditonton. Lagi-lagi membutuhkan daya khayal tingkat tinggi. Tak hanya itu, penonton pun disuruh berpikir keras tentang apa yang sebenarnya terjadi, terutama di dunia Kyon yang sekarang berbeda dengan dunia yang sebelumnya dia kenal.

 
 

Terlepas dari kebingungan cerita dalam anime ini, saya sangat menyukai artworknya, begitu keren di mata saya yang hanya seorang penikmat anime. Karakter-karakter yang unik menjadi daya pikat lainnya. Tak ketinggalan seiyū yang tepat untuk mengisi suara pada karakternya. Dan setelah menonton film ini, saya (mau tidak mau) harus menonton seriesnya agar tidak penasaran dengan hal-hal yang membingungkan dalam filmnya ini.

 
 

Intinya, anda hanya perlu daya imajinasi tingkat dewa ketika menonton anime ini. Satu lagi, anda juga harus mampu bertahan menonton dalam durasi panjang dan lama karena saya sendiri sempat tertidur di seperempat bagian film diputar.

 
 
 











1 comment:

Teguh Waluyojati said...

bener gan, emg tingkat khayalan harus tinggi, maka dari itu ini salah satu favorit anime yg prnh gw tonton. sedap bener dah

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png