February 24, 2012

Departures (2008)


Departures (2008)

Okuribito


 



Daigo Kobayashi (Masahiro Motoki), seorang pemain Cello di sebuah orkestra di Tokyo kehilangan pekerjaannya sejak orkestranya dibubarkan. Akhirnya dia memutuskan balik ke kampung halamannya di Sakata, Yamagata bersama istrinya Mika (Ryōko Hirosue). Daigo menemukan iklan lowongan pekerjaan yang berjudul "Departures" di surat kabar dan akhirnya melamar di sebuah agensi bernama NK Agent. Seketika kehidupan Daigo berubah total dan dia mendapatkan banyak pelajaran hidup dari pekerjaannya.

     
 

Awalnya, kita akan disuguhi beberapa adegan yang dapat memancing tawa atau minimal membuat kita tersenyum, namun seiring waktu, film ini akan menghadirkan adegan-adengan yang sarat akan pelajaran hidup. Melihat kehidupan Daigo yang awalnya terlihat sempurna tapi harus menyerah pada nasib, siapa pun pasti pernah merasakannya. Namun, apa yang terlihat tidak baik tidak sepenuhnya tidak baik, justru mungkin sebaliknya. Itulah yang tergambar jelas di film berdurasi dua jam lebih ini.  

  

Masing-masing karakter di film ini mendapat porsinya yang pas, baik pemain utama maupun pemain pendukung yang semakin memperkuat jalinan ceritanya. Masahiro Motoki bermain bagus di film ini dan tak salah jika dia diganjar Best Actor. Begitu juga dengan pemain lainnya seperti bossnya Daigo, Shōei Sasaki yang diperankan oleh Tsutomu Yamazaki dengan karakternya yang sedikit dingin namun sangat wise, atau teman kerja Daigo, Yuriko Uemura (Kimiko Yo) yang terlihat menikmati hidupnya namun punya rahasia yang cukup menyedihkan. Tak ketinggalan istri Daigo, Mika yang diperankan oleh Ryōko Hirosue yang sepertinya merupakan istri idaman lelaki manapun, karena selain cantik juga sangat mengerti dan mensupport suaminya.

 

Banyak pelajaran yang bisa diambil dari film ini terutama tentang hidup dan kematian yang bisa datang kapan saja tanpa kita duga. Scoring musiknya yang indah semakin membuat betah untuk menonton film ini. Jelas film yang memenangkan  Best Foreign Language Film di 81st Academy Awards ini recommended untuk ditonton.







No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png