April 10, 2012

Schindler's List (1993)


Schindler's List (1993)



 




Based on Schindler's Ark by Thomas Keneally

Director : Steven Spielberg
Release date : 30 November 1993
                      15 December 1993
Running time : 195 minutes

Main Casts :

Watched : 6 March 2012



Berdasarkan kisah nyata seorang Oskar Schindler, Steven Spielberg menyutradarai film dengan warna hitam putih ini. Selama perang dunia kedua, di Polandia, Oskar Schindler (Liam Neeson) yang seorang Nazi mendirikan pabrik yang bernama Deutsche Emailwaren Fabrik (D.E.F.) dimana pekerjanya adalah yahudi. Pada masa itu, yahudi banyak yang dibantai (Holocaust). Schindler mempunyai seorang akuntan kepercayaannya yang bernama Itzhak Stern (Ben Kingsley). Stern merekomendasikan para yahudi yang terampil dan bisa bekerja di D.E.F. Para yahudi percaya bahwa pabrik Schindler adalah tempat perlindungan yang aman bagi mereka. Schindler berteman dengan Amon Göth (Ralph Fiennes) seorang Letnan SS yang terkenal kejam.




Dengan durasi 195 menit, kita akan banyak disuguhkan dengan kejadian Holocaust. Pembantaiannya terlihat nyata dengan jumlah pemain figuran yang banyak pula. Bahkan ketika adegan naked pun, para pemainnya yang banyak itu benar-benar melakukannya seperti asli. Wow! Luar biasa sang sutradara mengarahkan para pemainnya.  




Bukti kekejaman Nazi pun digambarkan secara blak-blakan di film ini, lengkap dengan adegan pembantaiannya. Dialog-dialog dalam film ini terdengar cerdas. Sinematografi yang indah dipadu dengan scoring musik yang bagus menambah daya tarik film ini. Tak lupa tentu saja akting para pemainnya, baik pemeran utama atau pun figuran yang jumlahnya ratusan itu. Kerja keras sang sutradara patut diacungkan jempol untuk mengarahkan para pemain yang berjumlah banyak itu. 




Liam Neeson membuktikan kemampuan aktingnya dengan memerankan sosok Schindler yang penyuka wanita, suka pesta, pemabuk dan tukang foya-foya tetapi jadi tersentuh hatinya ketika menyaksikan holocaust terjadi, dengan sangat baik. Ben Kingsley yang berperan sebagai Itzhak Stern juga tak kalah bagusnya berakting sebagai A Jewish Accountant dan juga sahabat Schindler. Satu lagi akting menawan ditampilkan oleh sang sosok antagonis, Ralph Fiennes yang memerankan Amon Göth. Dari tatapan matanya saja sudah bisa dilihat kekejaman yang ada pada dirinya. Tak salah jika dia dinominasikan sebagai Aktor Pendukung Terbaik untuk Oscar. Sayangnya dia kalah. Tapi kemudian dia memenangkan Aktor Pendukung Terbaik untuk BAFTA Award. Jelas, ini bukan film yang ringan atau sekedar hanya untuk menghibur semata, namun setidaknya akan menyentuh hati dan rasa kemanusiaan kita.






Oskar Schindler in 1950s





No comments:

Translate

Waiting Lists

Sur mes lèvres.jpg Dark, brown-tinted and horror-themed image of a man in an asbestos-removal suit (to the right side of the poster), with an image of a chair (in the middle of the image) and an image of a large castle-like building at the top of the image. The text "Session 9" is emboldened in white text in the middle of the image, and near the bottom of the image is written, "Fear is a place." Lisbeth Salander with Mikael Blomkvist The Girl Who Played with Fire.jpg Page turner.jpg Le trou becker poster3.jpg Nightwatch-1994-poster.jpg Headhunter poster.jpg On the Job Philippine theatrical poster.jpg The Song of Sparrows, 2008 film.jpg The-vanishing-1988-poster.jpg Three Monkeys VideoCover.png